Profil Ilham Udin Armaiyn Pemain Timnas Indonesia U-19

Written By Admin on Wednesday, September 25, 2013 | 1:23 PM

 HARIAN-BOLA.COM, - Tanpa mengesampingkan peran dari seluruh punggawa Timnas Indonesia U-19 saat laga final Piala AFF melawan Vietnam, Ilham Udin Armayn hadir sebagai pahlawan kemenangan Garuda Jaya Indonesia. Tak hanya berhasil melesakan tendangan pinalti yang menjadi gol pengukir sejarah persepakbolaan Indonesia, dikaki kiri Ilham juga Timnas Indonesia berhasil menghapus paceklik gelar juara sejak 22 tahun silam sejak menjadi juara SEA Games 1991.

Tangis haru mengiringi perjalanan timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF 2013, Minggu (22/9/13) GOR Delta Sidoarjo menjadi saksi sejarah bahwa Indonesia terlepas dari kutukan selama 22 tahun lamanya. Mereka (punggawa timnas U-19) terlahir sebagai pengukir sejarah perjalanan sepakbola Indonesia, yang kini sedang merangkak untuk bisa tegak berdiri diantara persaingan negara-negara ASEAN.

Acungan dua jempol patut diberikan kepada seluruh awak punggawa Timnas Indonesia. Ilham Udin hadir menjadi pahlawan bangsa disaat semua orang, semua penggila sepakbola tanah air mengidam-idamkan gelar juara mampir ke bumi pertiwi.


Hari ini Senin (23/9/13) semua media tanah air memblow up secara besar-besaran sukse Garuda Jaya menjadi juara Piala AFF 2013. Tak terkecuali Gubernur Maluku Utara (Malut), Thaib Armaiyn merasa bangga atas prestasi yang ditorehkan Timnas Indonesia U-19 menjuarai Piala AFF 2013, apalagi saat menumbangkan Vietnam dengan adu tendangan pinalti.

Namun yang lebih membuatnya bangga adalah lesakan gol dari cucu kesayangannya, Ilham Udin Armaiyn yang didapuk sebagai penendang kesembilan Timnas Indonesia, yang juga sebagai penentu kemenangan Garuda Muda Indonesia.

Ilham kecil terlahir dari Ternate disebuah desa kecil Lelei, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Sejak kecil pemain timnas dengan nomer punggung 20 ini sudah menggemari sepakbola. Ya, berkat jasa pamanya Safrin yang mengasuhnya sejak sepeninggal Ayahnya Udin Armayn, talenta Ilham Udin mulai terlihat dengan baik, dan ini menjadi senjata yang ampuh untuk menjadikan sosok Ilham seorangpesepakbola profesional.

Keinginan pun terus berlanjut, melihat sosok bermain bola yang kemampuannya diatas rata-rata pemain seusianya, Safrin pun memasukan Ilham ke sebuah Sekolah Sepakbola (SSB) Tunas Gamalama dibawah asuhan Hani Koja. Berbagai prestasi berhasil diraihnya, Safrin pun mempunyai keinginan untuk memasukan Ilham ke Diklat Ragunan di Jakarta.

Anak kandung dari pasangan almarhum Udin Armayn dan Rohani akhirnya terjaring sebagai salah satu punggawa Timnas U-19. Alumni SMK Binter Ternate memang terkenal sebagai sosok yang ulet. Bahkan dirinya tak bermimpi untuk menjadi pahlawan kemenangan Timnas Indonesia saat menumbangkan Vietnam, hanya satu yang ada dibenaknya yaitu memberikan yang terbaik bagi tim setiap laganya.

Dan hal itu terwujud, sepakan kaki kirinya yang keras menghujam sudut sebelah kiri penjaga gawang Vitenam membuyarkan impian lawannya menjadi yang terbaik. Timnas Indonesia yang sudah 22 tahun lamanya gagal bersinar kini kembali menjadi salah satu kekuatan yang patut diperhitungkan dikancah persepakbolaan ASEAN. Sang Ibunda pun tak luput untuk sujud syukur atas kemenangan timnas, bukan karena Ilham menjadi penentu kemenangan, namun sudah waktunya bangsa Indonesia bangkit dari keterpurukan.

Ketua PSSI Djohar Aripin Husein pun tak henti-hentinya meneteskan air mata kebahagian, orang nomer satu di PSSI ini mengungkapkan bahwa pemain asal Ternate ini tampil sebagai pahlawan kemenangan Garuda Jaya. “Luar Biasa. Ilham tampil luar biasa. Dia pahlawan yang meloloskan Indonesia ke semifinal Piala AFF U-19”, tegas Djohar usai pertandingan terakhir penyisihan group di Stadion Deltras Sidoarjo, Rabu (18/9), sebagaimana rilis media center PSSI yang dinukil harian Malut Post.

Ilham Udin bukan saja tampil sebagai pahlawan yang membuat bangga bangsa Indonesia dan orang tua, namun Ilham tampil sebagai salah satu pemain yang bisa mengobati rasa rindu pesepakbolaan indonesia yang kini sudah dalam trek lurus menjadi calon juara. Kami bangga, bangsa Indonesia telah keluar dari keterpurukan, semangat terus Ilham Udin Armain cs.
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. HARIAN-BOLA | Liputan Seputar Sepakbola - All Rights Reserved
Template Created by maskolis
powered by Blogger